cari

Jumat, 27 Februari 2009

asaL usuL naRkoBa

Narkoba berasal dari bahan tanaman ganja. Bahan ini menyebabkan ketergantungan. Pemakainya akan bergantung pada bahan tersebut. Kalau pemakaiannya di hentikan akan menyebabkan badan terasa lemas, tidak punya kekuatan, pusing - pusing, tidak dapat berfikir, gelisah dan sangat membahayakan jiwa. Tanaman Ganja dapat tumbuh dan terdapat di daerah tropis maupun sub tropis. Tanaman Ganja di beberapa Negara mempunyai nama yang berbeda - beda. Di Indonesia selain disebut Ganja, Masyarakat desa setempat menyebutkan tempat tumbuh Ganja adalah tempat Tembakau Arab atau Kenikir Sabrang. Ganja maupun daunnya mengandung zat - zat narkotika aktif. Ganja dapat mengakibatkan ketergantungan yang bersifat psikis. Pemakaian Ganja yang dikonsumsi secara terus menerus mengakibatkan rasa tidak puas dan peningkatan pemakaian. Pemakainya cenderung menggunakan obat terlarang yang lebih kuat seperti Morfin, Kokain dan sebagainya. Gejala dan ciri - ciri pecandu Ganja antara lain :

  • Pupil mata melebar

  • Merasa kering mulut dan tenggorokan

  • Sering buang air kecil

  • Suka menyendiri

  • Gelisah, tak tenang, suka mengkhayal, malas dan pembohong

  • Keberaniannya tak terkonrol atau nekad

  • Badannya kurus kering, pakaian tidak teratur dan tak suka mandi

Tanaman Ganja Berasal dari Asia Selatan yang untuk pertama kalinya di tanam di Indonesia oleh Mr. Bouman di Sumatera Utara. Pada perkembangan selanjutnya, Ganja banyak di tanam dan di perdagangkan secara gelap. Kemudian tanaman itu juga menyebar ke berbagai daerah. Selain itu Ganja semakin banyak di salah gunakan. Perdagangan gelap Ganja semakin banyak dilakukan. Petugas kepolisian semakin sibuk menangani penyalahgunaan Ganja. Selain Ganja jenis narkotika yang lainnya adalah Kokain. Kokain berasal dari tanaman Koka. Kokain sebetulnya dapat di gunakan dalam bidang pengobatan.. Tetapi pada kenyataannya akhir - akhir ini Kokain banyak di salah gunakan. Jika seseorang mengkonsumsi Kokain secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya halusinasi. Penderita merasakan seolah - olah ada sesuatu yang merayap di lapisan bawah kulitnya. Pemakaian Kokain juga menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Kalau orang sudah ketagihan, tak ubahnya seperti orang sekarat, karena harganya sangat mahal maka orang lalu menghalalkan segala cara untuk

mendapatkannya. Penggunaan daun koka yang berlebihan mengakibatkan pemakainya kekurangan gizi sehingga tidak berumur panjang. Selain itu juga dapat merusak paru - paru dan melemahkan saraf serta otot. Narkoba adalah zat atau obat - obatan yang tergolong narkotika yang bersifat adiktif dan mempengaruhi saraf otak. Yang digolongkan narkotika adalah Opied ( Opium, Morfin, Heroin, Codein, Pethidin, ganja dan kokain ). Sedangkan Morfin merupakan persenyawaan kimia yang berasal dari tanaman Phenatreen. Morfin lazimnya di jual dalam perdagangan gelap. Dari bahan baku morfin melalui proses kimia dapat di peroleh zat - zat yang bersifat narkotis seperti Heroin misalnya. Morfin merupakan zat sangat peka dan membahayakan jiwa bila di salah gunakan. Sedangkan saat ini obat penangkalnya belum jua di temukan, karena Morfin cepat sekali larut dalam lambung dan beredar cepat melalui darah ke seluruh tubuh. Penggunaan Morfin akan menimbulkan ketergantungan secara fisik maupun psikis apabila pemakaiannya di hentikan akan menimbulkan gejala - gejala yang membahayakan bagi si pecandu. Misalnya seluruh badan terasa sakit atau nyeri, mengigil, panic atau gugup, muntah - muntah, mencret, kejang - kejang serta dapat menyebabkan kematian.

Tidak ada komentar:

TransLator

Kamus Indonesia-Korea

Korean Keyboard