cari

Senin, 26 April 2021

Macam bentuk kata frekuensi (가끔, 자주, 항상, 맨날, 별로, 전혀, 거의) :

 • Kata frekuensi dalam bahasa Korea, ada beberapa macam, yaitu :

a. 가끔 = Kadang-kadang

b. 자주 = Sering

c. 항상 / 언제나 = Selalu (lebih sering terjadi pada Bahasa tulis) 

d. 맨날 = Selalu (sehari-hari) ; sepanjang waktu (lebih umum dalam Bahasa lisan) 

e. 별로 = Jarang-jarang ; tidak terlalu

f. 전혀 = Tidak sama sekali

g. 거의 = Hampir tidak saama sekali

h. 종종 = Lumayan


• Bentuk rumus : Kata frekuensi + kata kerja. (kata frekuensi diletakkan sebelum kata kerja).

• Contoh : 

1. 가끔 (Kadang-kadang) : 

서점에 가끔 가요

Saya pergi ke tok0 buku kadang-kadang


2. 자주 (Sering) : 

Saya sering menonton film korea : 자주 한국 영화 봐요


3. 항상 (Selalu) :   

Aku selalu ingin bertanya : 항상 물어 고싶다 


4. 맨날 (Selalu, sepanjang waktu) : 

Saya belajar Bahasa inggris sepanjang waktu, tapi masih sulit : 영어를 맨날 공부해요 아직 어려워요


5. 별로 (Jarang-jarang, tidak terlalu) : 

Saya jarang olahraga bulu tangkis : 저는 배드민턴을 별로 운동안해요 


• 별로 memiliki arti jarang-jarang, tidak juga, tidak terlalu. 별로selalu digunakan dalam kalimat negative. Contoh :

a. 별로안비싸요 Ini tidak begitu mahal 

b. 별로재미없어요 Ini tidak menarik

c. 별로안나빠요 Ini tidak terlalu buruk


6. 전혀 (Tidak sama sekali/Tidak pernah) : 

Saya tidak sibuk sama sekali : 전혀 안 바빠요 


7. 거의 (Hampir tidak sama sekali) : 

Saya tidak punya waktu, jadi saya hampir tidak bisa sama sekali bertemu dengan teman : 시간이 없어요, 친구들을 거의 안 만나요 

o Hari ini, mall hampir tidak ada diskon : 요즘 백화점에 거의 할인이 없어요 


8. 종종 (Lumayan) :

Hari ini, Surabaya lumayan dingin : 요즘 수라바야는 종종 추어요 

Tidak ada komentar:

TransLator

Kamus Indonesia-Korea

Korean Keyboard