cari

Jumat, 31 Juli 2020

Pengenalan singkat tata bahasa Korea

Pengenalan singkat tata bahasa Korea : • Di dalam sebuah kalimat harus ada partikel inti kalimat yang di dalamnya harus ada penada topic, subyek dan juga obyek jadi sebuah kalimat akan menjadi kalimat lengkap jika ditambahkan dengan partikel. Partikel adalah imbuhan yang menentukan Subject, Object, verb (Kata kerja) dan posisi dibelakang sebuah kata. Partikel dalam bahasa Korea, adalah : a. 은 / 는 (Eun/Neun) : Partikel Subject b. 을 / 를 (Eul/Reul) : Partikel Object c. ~요 (~Yo) : Partikel Verb / Kata Benda a. Bentuk formal/Jeondaemal : 입니다 (Sangat sopan). Termasuk dalam kalimat pernyataan di suatu akhir kalimat. b. Bentuk formal (sopan) : 이에요 (Konsonan) / 여요 (Vocal) c. Bentuk Informal (Banmal) : 이 (Konsonan) / 야 (Vocal) • Pola penyusunan kalimat dalam bahasa Indonesia ataupun dalam Bahasa inggris : (Subyek) + (Predikat) + (Obyek) Sedangkan dalam bahasa Korea adalah : (Subyek) + (Obyek) + (Predikat) Tapi jika ada keterangan waktu/tempat maka polanya berubah menjadi : (Subyek) + (Ket waktu/Tempat) + (Obyek) + (P) Contoh dalam kalimat “Aku cinta kamu” : Indonesia >>Aku cinta kamu >> 나너 사랑해 Korea >>Kamu cinta aku >> 너 나 사랑해 Contoh pola kalimat dalam bahasa Korea : Adik minum susu (Bahasa Indonesia) Adik susu minum (Bahasa Korea) 동생이 우유를 마세요 Dongsaengi Uyureul Maseyo


Latihan menulis Hangeul / Huruf Korea :

M 1. Saya belajar di sekolah : 2. Adikku cantik : 3. Saya ada di Sekolah : 4. Saya makan nasi di Restoran : 5. Saya bertemu teman di bioskop : 6. Ira pergi ke mall kemarin : 7. Kami berangkat ke Busan Hari minggu : 8. Ayahku pergi ke kantor kemarin : 9. Hari ini, ari pergi ke Bank :


*Untuk pengumpulan tugas, bisa dikumpulkan melalui google classroom dengan masukan kode qc245l2

Tidak ada komentar:

TransLator

Kamus Indonesia-Korea

Korean Keyboard